SCG Sharing The Dream Bakti Untuk Indonesia

Pendidikan adalah jalan utama menuju bangsa unggul, itu tidak bisa dipungkiri. Semua negara maju bergeraknya diawali dari penataan sistem pendidikan. Amerika dengan Colombia University dan Harvard University-nya, Inggris dengan Oxford University-nya, Perancis dengan Universitas Sorbone-nya dan banyak negara maju lainnya. Mereka memiliki tradisi Pendidikan yang sudah tua dan berakar kuat.  Di Asia, ada Jepang contohnya, pada tahun 1945 Kota Hirosima dan Nagasaki  hancur lebur di Bom Atom oleh tentara Amerika, di saat yang sama Indonesia baru saja menyatakan kemerdekaannya. Ajaibnya, Jepang bisa dalam tempo singkat menjelma menjadi negara maju di dunia, itu semua karena pemerintah terutama kaisarnya berpihak kepada pembagunan pendidikan.

Memang diakui, pendidikan adalah tugas utama negara namun peran pihak swasta pun diperlukan di negeri ini. Perusahaan swasta yang beroperasi di Indonesia dituntut untuk  memberikan sumbangsihnya bagi peningkatan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia. Sebagaimana yang dilakukan oleh SCG Indonesia, Perusahaan Swasta asal Thailand. dengan CSR-nya, SCG ikut  andil membangun kualitas pendidikan generasi muda Indonesia berupa beasiswa.

Profil SCG

The Siam Cement Group (SCG) adalah salah satu konglomerasi bisnis terkemuka di ASEAN yang telah beroperasi selama hampir 100 tahun dengan tiga produk utamanya yakni Cement & Builiding Material, Chemical dan Packaging. Perusahaan asal negeri Gajah Putih Thailand tersebut sudah beroperasi sejak tahun 1995 di Indonesia yang mempekerjakan hampir 5700 orang yang tersebar di 20 anak perusahaan SCG yang beroperasi di berbagai daerah khususnya Jawa Barat. Filosopi bisnis SCG ialah “komitmen pada konsep praktik adil bagi semua pihak” dan menerapkan Konsep pembagunan berkelanjutan (Sustainable Development) dengan selalu mengedepankan keseimbangan antara sumber daya manusia, lingkungan, sosial dan ekonomi.

Sharing The Dream Program CSR SCG di Indonesia

Sebagai wujud visi SCG yang ingin berkontribusi kepada masyarakat tempat dimana SCG Beroperasi  maka dibuatlah program CSR yang diberi nama Sharing The Dream. Sharing The Dream adalah program beasiswa buat pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berprestasi dalam bidang akademik serta memiliki nilai-nilai moral yang baik. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama dalam bidang pendidikan.

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, jumlah penerima beasiswa tidak kurang dari 2300 orang dari jenjang Sekolah Menengah Atas hingga Perguruan Tinggi. Mereka adalah orang-orang pilihan yang memiliki nilai akademik yang baik, sikap yang baik kepada orang tua serta memiliki ambisi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sementara ini, jangkauan program masih seputar lima wilayah di Jawa Barat.

Nantapong Chantrakul Direktur SCG Indonesia

Blogger & SCG Gathering

Hari Kamis 26 Juli 2018, saya berkesempatan menghadiri acara Blogger Gathering yang diadakan oleh SCG Indonesia. Acara yang bertempat di The Hook Jalan Cikatomas No.35 Senopati Area, Jakarta Selatan menghadirkan narasumber antara lain Tasya Kamila (Artis), Novia Kardiyanti (Brand and Communication of SCG Indonesia), dan Setiawan Novaldi (Awardee). Selain itu, Hadir juga Nantapong Chantrakul Direktur SCG Indonesia.

Dalam sesi Sharing tersebut, Tasya banyak berbagi pengalamannya sebagai penerima beasiswa S2 ke luar negeri. Kata tasya, Beasiswa itu sangat berperan penting untuk memberikan kesempatan yang luas bagi banyak orang yang secara finansial kurang tapi memiliki prestasi (kualitas) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tasya berharap program Beasiswa SCG ini bisa berkembang dan menjangkau banyak lagi anak-anak Indonesia.

Selanjutnya kata Novia, Sharing The Dream merupakan sebuah komitmen dari SCG untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia melalui pendidikan. Beasiswa diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Atas dan Universitas. Total penerima beasiswa hingga 2018 adalah 2300 beasiswa. Ke depannya kata Novia, Sharing The Dream akan menambah jumlah penerima beasiswa dan memperluas jangkauannya tidak hanya tingkat SMA tapi juga perguruan tinggi. SCG ingin mendorong semua penerima beasiswa untuk menyebarkan semangat passion for Better, berjuang untuk mencapai cita-cita serta menjadi contoh bagi keluarganya, teman dan masyarakat.

“Sharing The Dream adalah Salah satu manifestasi dari semangat SCG Indonesia dalam mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia dan membantu generasi muda dalam meraih mimpinya untuk masa depan yang lebih baik”

ki-ka :Setiawan, Tasya, Novia dalam sesi Talkshow

Kesan Sisca Erika Salah satu Awardee Sharing the Dream

Inilah kesan dan tanggapan salah satu penerima beasiswa asal Jakarta, Sisca Erika Carolina. saya Sisca bersekolah di SMAN 96 JAKARTA, satu dari ribuan anak-anak penerima Beasiswa Sharing the Dream.

Baginya, ini adalah karunia Tuhan. “saya bersyukur kepada tuhan yang maha esa,karena Berkat dan karunia-Nya saya diberi kemudahan atas rizki yang diberikan, Sebelumnya saya tidak mengira akan mendapatkan beasiswa ini dari kelas 1 SMA, karena peristiwa itu sangat mendadak dimana pada saat itu disekolah saya sedang mengadakan Kartinian yang sedang melangsungkan berbagai perlombaan dan disaat itu saya di panggil oleh guru BK yang bernama Ibu Riwayati dan memberitahukan saya bahwa ada beasiswa dari scg, tentu kesempatan itu tidak saya sia siakan, saya menjalankan kesempatan itu dengan sebaik baiknya, dari mengisi formulir biodata,prestasi hingga menulis essai.,” tutur Sisca.

Ini adalah Pengalaman sangat luar biasa kata Sisca sebab bisa menjadi salah satu penerima Beasiswa SCG ditahun 2018 ini untuk yang kedua kalinya karena sebelumnya saya meneruskan Beasiswa SCG yang pertama. Beasiswa SCG ini sangat membantu saya dalam pembiayaan keperluan sekolah yang tidak lagi dibebankan / tanpa perlu memikirkan kebutuhan sekolah seperti alat tulis, seragam, fotocopy dsb. yang membuat saya terus termotivasi dan bersemangat untuk mewujudkan impian ke masa depan yang lebih baik dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi modal langkah untuk menggapai cita-cita. “Karena bagi saya menempuh pendidikan dengan setinggi tingginya merupakan senjata paling mematikan yang dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk Bangsa Indonesia. Itulah kurang lebihkesan yang indah dan bermanfaat bisa saya dapatkan dari Beasiswa SCG ini,” ungkap Sisca.

Sisca berharap Beasiswa SCG ‘Sharing the dream’ terus dilaksanakan karena bisa menjadi kontribusi untuk indonesia sebagai bagian dari praktik pembangunan yang berkelanjutan. “Karena beasiswa itu sangat penting untuk pemerataan pendidikan dan membuka kesempatan untuk mewujudkan pendidikan di indonesia.Terima kasih SCG, disaat semua orang mengutuk kegelapan,saat itu SCG datang menjadi lilin dalam pendidikan,”tutup Sisca.

berswafoto dengan Sisca Erika Carolina salah satu penerima Beasiswa Sharing the Dream asal Jakarta Barat

Blogger Gathering

*Jika ingin lebih tahu mengenai visi, filosopi dan program SCG, bisa akses di portal resminya di www.scg.com/id

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. Helena
    July 30, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      July 31, 2018

Add Comment