Blog Jadi Sumber Penghasilan? Kenapa Nggak..

Perhatian,  ini tulisan agak panjang,  bacalah dengan seksama kalau bisa sambil ngopi dan ngemil….

Cekidot…. Bagi saya saat ini, menulis di blog bukan lagi sekadar hobby tapi sudah menjadi sumber penghasilan meskipun bukan yang utama. Ketika saya menulis muncul kesenangan tersendiri, mungkin karena kita bisa berbagi meskipun bukan harta namun berupa tips, pengetahuan atau bahkan informasi dan hiburan.  Yang lebih menyenangkan lagi, ketika pembaca merespon dan mengapresiasi tulisan kita dan memberikan komentar entah itu positif atau negatif. Bagi saya, apapun itu, semua menjadi pemacu sekaligus pemicu untuk menulis lebih baik lagi, again and again. Sebab Keterampilan menulis bukanlah bawaan orok atau bakat lahir tapi merupakan hasil dari sebuah proses latihan, yang terus diasah, saya percaya hasil tidak akan menghianati proses.

Menjadi penulis handal tidak bisa serta merta sekali jadi, simsalabim, tapi butuh waktu bisa cepat bisa lambat tergantung diri kita mau apa tidak belajar. Belajar lah kepada para penulis-penulis hebat macam Kang Pepih Nugraha (founder Kompasiana). Dia salah satu idola saya dimana saya banyak belajar menjadi penulis yang baik dan benar. Selain Kang Pep, saya juga  sering membaca tulisan dari Bang Iwan Piliang dengan tulisan sketsanya, dan banyak lagi penulis-penulis lainnya yang bisa menjadi rujukan kita dalam menulis.

Saya sendiri mulai ngeblog pada tahun 2011, awalnya hanya sekadar iseng dan tempat curhat nggak karuan, blognya pun masih gretongan alias gratisan, hehehe…tapi sekarang, tulisan blog saya sudah mulai agak serius, artinya isinya mulai banyak soal informasi, tips dan hiburan. Blognya pun sudah domain berbayar. Selain blog pribadi, saya juga bergabung dengan Blog komunitas seperti kompasiana, Indonesiana, vivvablog dan lain-lain. Dengan bergabung ke komunitas, kita akan banyak belajar dari para blogger lainnya disamping memperluas relasi. Misalnya, di kompasiana,  event yang dibuat kompasiana, diberi nama “Nangkring” sebagai ajang kopi darat para Kompasianers sekaligus tempat berkompetisi. Di sinilah kita akan diuji kompetensi kita sebagai blogger. Sebenarnya masih ada lagi blog komunitas lainnya dengan masing-masing gaya dan ciri khas, yang semuanya membuat kita kaya akan pengetahuan menulis.

Meskipun sudah malang melintang di dunia blogging, kadang kala ada juga blogger Newbie (pendatang baru) yang bertanya kepada saya, “Abang sudah dapat apa saja dari ngeblog? Bisa nggak menjadi sumber penghasilan? Saya jawab begini, banyak sudah yang saya dapatkan dari ngeblog bukan sekadar materi (uang dan barang) tapi juga relasi dan kebahagiaan seperti yang saya bilang di awal tulisan. Saya selalu bilang kepada blogger-blogger pemula, kalau mau serius menekuni dunia blogging maka saran saya,  jangan berorientasi uang tapi fokus lah PelUANG. Jika fokus ke uang paling banter kamu hanya akan memperoleh kertas atau koin, tapi sebaliknya jika fokus ke peluang maka kalian bisa mendapat lebih dari itu, relasi bisnis atau mungkin jodoh,,upss, kalau ini sih bonus aja, hehehe..

Memang sejak awal saya memulai ngeblog saya niatkan bukan untuk mencari uang, tapi Peluang, peluang untuk tumbuh dan berkembang baik wawasan maupun soft skill, dengan ngeblog, saya bisa mendapatkan berbagai jenis pelatihan keterampilan misalnya fotografi, videografi, infografis, creative writing, pengembangan diri dan lain sebagainya, gratis nggak ? saya jawab nggak !!!….ini adalah barter atau bahasa kerennya take and give lah..Ini membuktikan kalau uang bukan lah segalanya, tapi segalanya butuh uang, yekan?  hehehe….

Terus apalagi yang saya dapatkan dari ngeblog,  saya bisa bertatap muka dengan para petinggi negeri ini, seperti presiden, menteri, polisi, tentara dan dan pengusaha. Semua gara-gara ngeblog guys. Lagi, saya bisa traveling ke luar kota mengunjungi berbagai objek wisata itu  pun karena ngeblog, apakah gratis? Saya jawab sekali lagi bukan, memang sering saya dengar ujaran nyinyir begini, “ahh, blogger sih modal gretongan saja, coba liat yang dipake dari atas sampai bawah semuanya endorse,  hehehe,  nggak gitu juga kali. Asal kalian tahu ya,  blogger itu  adalah publisher yang tugasnya adalah mempublish di blognya masing-masing dan imbalannya adalah bisa uang bisa yang lainnya,  ada juga pernah saya baca buku bahwa blogger itu sejatinya perpanjangan tangan dari PR,  bukan pekerjaan rumah tapi Public Relation.

Terakhir, menurut saya, puncak dari segala kenikmatan ngeblog adalah ketika saya bisa menjadi juara menulis, bukan bermaksud sombong atau riya,  saya beberapa kali memenangkan juara ngeblog dengan hadiah yang lumayan.  Terakhir waktu juara ngeblog yang diadakan oleh Viva.co.id hadiahnya smartphone, asik bukan?  sensasi sebenarnya bukan hadiahnya tapi kebanggaan dan prestise bahwa tulisan saya bisa bermanfaat bagi para pembaca bisa diapresiasi oleh orang lain, saran saya kepada blogger-blogger pemula ikutlah kompetisi karena lewat kompetisi , kompetensi kita bisa teruji.  Karena seringkali kita ngeshare blog kita ke medsos kemudian teman kita memberi komentar, dan sanjungan, “wah tulisan kamu bagus ya”.  Ini sanjungan semu yang bisa membuatmu terlena,kenapa? soalnya yang menilai tulisan kamu adalah teman kamu sendiri,  bisa jadi tulisanmu jelek tapi karena nggak enak dia bilang bagus, hehe…nah di sinilah fungsi dari kompetisi, kamu bisa tahu tulisanmu bagus atau tidak dari kompetisi yang dinilai oleh para juri qualified.

Nah, ngomong-ngomong soal blog sebagai sumber penghasilan, ini ada satu lagi info menarik bagi kalian blogger pemula,  Sabtu 17 November 2018 yang lalu bertempat di Cocowork D Lab Jalan Riau, Menteng Jakarta,  Viva.co.id Bekerjasama dengan Geniee, mengadakan Event Viva Talk atau bincang-bincang santai dengan tema menarik yaitu “Commercial Blog Writing, How To Monetize it”. Mengundang 80 orang blogger (publisher) yang berasal dari berbagai komunitas blogger diantaranya Blogger Jakarta, Blogger Perempuan, KIB, taudariblogger, kelas blogger dan sejumlah komunitas lainnya.

Ini bukan kali pertama viva ngadain acara dengan blogger,  nah pada event kali ini, viva menghadirkan beberapa narasumber ciamik di bidangnya, yaitu Mbak Maya Sofia Editor Viva.co.id, Mas Yudha Satria sebagai Media Manager, Mas Febri Fristian seorang Media Consultant dan CEO Geniee Bapak Yulius Agus Prasetiyanto.

Sebagai sesi pembukaan, CEO Geniee Bapak Yulius Agus Prasetiyanto bertanya kepada para peserta yang hadir, “seberapa greget kalian menjadi blogger? Ini berkaitan dengan passion dan masa depan seorang seorang Blogger. Apakah blognya bisa menjadi sumber penghasilan atau tidak tergantung para blogger itu sendiri, blog yang dikerjakan serius bisa menjadi pundi-pundi penghasil uang.  Bapak Yulius menjelaskan bahwa blogger itu adalah salah satu bagian dari publisher, seperti publisher ternama di Indonesia yaitu viva.co.id. Viva telah menjadi premium publisher di Indonesia.

sebenarnya Blog kata dia bisa dijadikan sumber penghasilan caranya dengan memonetize blog kita. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung dengan Geniee. Geniee adalah sebuah perusahaan penyedia jasa teknologi platform asal Jepang, yang pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2015. Geniee  menyerdiakan platform bagi para advertiser (pemasang iklan) dan publisher. Di Indonesia, Geniee telah bekerjasama dengan viva.co.id, dan puluhan media maisntream lainnya sementara di Asia, Geniie sudah terhubung dengan publisher Asia antara lain Jepang, Vietnam. Untuk me-monetize blog, Blogger bisa memanfaatkan dua layanan yakni layanan SSP Geniie dan Google ads.

Keuntungannya adalah free konsultasi, Geniie akan bertindak selaku media konsultan terkait SEO, Optimizing, dan info update tentang Kebijakan terbaru Google. Blogger juga memanfaatkan DSP (Demand Supply Platform) yang terkoneksi dengan seluruh global source.

Blogger sedang serius mencatat materi presentasi para Narasumber

Mbak Maya Sofia dari viva.co.id berinteraksi dengan peserta vivatalk

Sesi selanjutnya, Maya Sofia editor dariviva.co.id #1Newstainment memberikan Tips seputar cara menulis blog yang bernilai Komersil.

Tips yang pertama, kita harus banyak membaca buku, kata Maya dengan membaca akan memperkaya kosakata tulisan kita dan membuat tulisan kita lebih mengalir. Memang terkesan simpel tapi kata dia,  tulisan akan lebih terstruktur, runut dan mengalir tidak melompat lompat,  salah satu bahan bacaan yang dia sarankan adalah membaca novel.

Kedua, tulisan kita harus original (asli) dan jujur bukan plagiat atau hasil copas (copy paste). Tulisan asli dan jujur membuat pembaca blog kita percaya dan menjadi pelanggan setia.

Ketiga, masukkan rumus 5 W 1 H ke tulisan kita, simpel tapi bisa digunakan untuk mengembangkan tulisan, rumus 5W 1 H tidak hanya digunakan di dunia jurnalistik tapi juga dalam penelitian dan investigasi kepolisian. Yang kadang dilewatkan oleh blogger khususnya travelling blogger adalah WHEN sebuah kejadian, update waktu kapan tulisan dibuat karena itu penting bagi pembaca.

Keempat, libatkan Panca Indera ketika menulis , deskripsikan sesuatu melalui panca indera kita dengan begitu tulisan akan lebih berwarna. Contohnya ketika meminum kopi, ceritakan bagaimana rasanya, aromanya, warnanya, teksturnya. Gambarkan sedetail mungkin.

Nah, selain dari tips di atas, yang tak kalah pentingnya  adalah penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) atau sekarang disebut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), agar tulisan kita terlihat lebih profesional. Jangan lupa, cantumkan sumber atas foto-foto yang akan kita cantumkan di Blog untuk menghindari pelanggaran hak cipta (copyright). Menghargai hasil karya orang lain, caranya kita bisa mengambil foto dari website penyedia jasa foto gratis seperti pixabay dan pexels. Tips lainnya adalah Mengenal siapa pembaca kita, membuat Judul menarik. Terakhir, hindari penulisan yang menyinggung SARA.

Febri Fristian, Media Consultant Geniee (foto: @Annamaura76)

Selanjutnya, dua narasumber, Yudha Satria, dan  Febri Fristian. Mereka lebih banyak menjelaskan tentang teknis optimizing dan monetize sebuah blog.

Febri Fristian selaku Media Consultant GENIEE, menjelaskan cara mengoptimizing blog agar  bisa mendapat rangking di halaman google atau mesin pencarian google. Teknik ini dikenal dengan sebutan  Search Engine Optimizing (SEO).

Aturan main atau SOP agar blog kita friendly SEO adalah sebagai berikut:

Konten harus sesuai kategori, artinya isi tulisan yang ada harus mengikuti kategori kategori seperti kategori teknologi maka isi tulisanny tentang teknologi bukan traveling.

Gunakan Long Tail keyword untuk dipasang di judul, dan konten. Kata kunci ini dimaksudkan agar memudahkan mesin pencari google menemukan konten kita.

Buat Konten yang unik. Isi tulisan minimal berjumlah 1000 sampai 1200 kata untuk artikel SEO,  dan 2000 hingga 2500 kata untuk konten review.

Setelah itu, buatlah URL artikel lebih pendek karena, semakin pendek URL nya semakin berpeluang  mendapat posisi di page one  google.

Agar bisa mendapat keyword yang tepat bisa dengan mencari di google trend yang selalu update.

Distribusikan Konten, sebab Content is the King and Share is The Queen. Konten yang telah dibuat bisa dishare ke seluruh sosial media yang kita miliki melalui video, blog, podcast, newsletter, infographics, e-book dan sebagainya.

Dilanjutkan oleh pemateri lainnya,  Yudha Satrya yang mengangkat cara meningkatkan traffic pada blog kita. Yudha menjelaskan,  Konten yang sudah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan traffic atau pengunjung. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memasang mesin periklanan. yang disediakan oleh Geniee.

Geniee bekerjasama dengan Google dan telah tersebar di beberapa negara Asia di antaranya Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Fasilitas yang disediakan yaitu Geniee SSP yang user friendly baik secara mobile, desktop atau aplikasi, ada beberapa pilihan sistem pembayaran. bisa melalui paypall atau bank transfer. Ada yang dikenal dengan sebutan Programmatic Advertising yaitu konsep modern pembelian iklan dengan mesin. Cara kerjanya adalah mempertemukan publisher dan advertiser dengan cepat dan efektif.

Programmatic dibagi menjadi dua, yakni Real-Time Bidding (RTB) dan Programmatic Direct. Keduanya memiliki kelebihan. Agar iklan yang dipasang bisa di klik pembaca maka posisi iklan harus dipasang ditempat yang tepat.

Pilihan posisi bisa di widget, di dalam artikel atau header dan footer.

Nah, kesimpulan dari tulisan saya ini adalah :

  1. Untuk menjadi penulis blog yang handal kuncinya adalah terus berlatih  dan belajar dengan meng-updatedan meng-upgradediri dengan keterampilan baru.
  2. blog bisa menjadi sumber penghasilan jika kita tau caranya, fokus lah pada Peluang bukan sekadar uang.
  3. gunakan layanan atau platform yang bisa memonetize blog kita, salah satunya Platform yang disediakan Geniee dengan Geniee SSP dan Google Adsense-nya.

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. kemana-lagi
    November 27, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 27, 2018

Add Comment