Membahagiakan dan Memuliakan Anak Yatim & Dhuafa adalah Tugas Rahmatan Lil Alamin

Membahagiakan dan Memuliakan Anak Yatim & Dhuafa adalah Tugas Rahmatan Lil Alamin

Hari ini Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur (YRLA) genap berusia 13 tahun. Usia yang masih relatif muda jika dibandingkan dengan usia manusia, meskipun begitu kiprah yayasan tersebut sudah banyak dirasakan oleh masyarakat luas terutama masyarakat tak mampu.

Banyak kegiatan sosial yang telah diselenggarakan sejak mula yayasan ini berdiri, pada 08 April 2005 silam dibidang Sosial, Kemanusiaan, dan Keagamaan seperti Baksos (Santunan, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis) setiap bulan rutin di berbagai wilayah binaan, melaksanakan kegiatan rutin harian, pekanan dalam bidang pemberdayaan anak yatim dan binaan baik di pusat maupun di Cabang-Cabang Yayasan yaitu kegiatan : Baca Tulis dan Hapalan Al-Quran, Pelatihan IT, Seminar, kreativitas Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari, Puisi, Drama, Teater, dan lain-lain.

Seperti yang hari ini dilaksanakan, dengan mengadakan Peringatan Isra Mi’raj sekaligus peringatan Hari Lahir (Milad)nya ke 13 di Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur, Minggu 8 April 2018.

Tema kegiatan kali ini adalah “Dengan Peringatan Isra Miraj, Kita Tingkatkan Nilai Kebaikan Dengan Mewujudkan Yatim Prestasi Menuju Generasi Emas Kreatif dan Inspiratif “.

Mengundang 400 anak yatim binaan yang berasal dari 7 (tujuh) Wilayah Binaan yaitu Jakarta, Tambelang-Bekasi, Karawang, Jonggol-Kab.Bogor, Kedung Halang- Kota Bogor, Rajeg-Tangerang dan Cibubur-Jakarta Timur.

Berbagai kegiatan digelar antara Santunan Anak Yatim, Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis, penganugerahan/apresiasi kepada anak yatim berprestasi berupa pemberian (hadiah) Tabungan Pendidikan dan sejumlah pentas seni yang dibawakan oleh para anak binaan.

Sebelum hari H, YRLA mengadakan lomba antar cabang dan wilayah binaan yayasan dengan kategori lomba antara lain ; Lomba Adzan Lomba Qiroah Lomba Tahfidz Al Quran, Lomba Kaligrafi, Lomba Doa, Lomba Pidato ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab), Lomba Melukis, Lomba Puisi, Lomba Desain Grafis, Lomba, Seni Suara/Vocal, Lomba Stand Up Comedy

Dari 107 peserta lomba diperoleh juara masing-masing, Juara 1 dibidang Akademik, Juara 1-3 dibidang Olahraga dan Juara 1-3 dibidang Seni.

Yatim & dhuafa berprestasi mendapat penghargaan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Rahmatan Lil Alamin, Erin Hendrian SH, MM dalam sambutannya dihadapan ratusan anak-anak Yatim & dhuafa, sejumlah Donatur serta pejabat daerah setempat menjelaskan makna kegiatan Isra Miraj hari itu.

Menurutnya, Event ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada sesama khususnya anak yatim dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Donatur yang telah memberikan amanah Donasi kepada Yayasan, diharapkan dari event ini, masyarakat atau Donatur bisa lebih menumbuhkan kepedulian kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan khususnya anak yatim, meningkatkan kecintaan bersedekah sebagai sebuah kebutuhan agar hidup menjadi berkah dan juga bisa meningkatkan trust atau kepercayaan kepada Yayasan atas pengelolaan Donasi yang diberikan oleh Donatur.

“Donasi yang diberikan kepada Yayasan diperuntukan untuk bantuan kesejahteraan sosial anak yatim dan dhuafa serta untuk pemberdayaan anak yatim dan binaan yang ada di beberapa wilayah binaan tersebut, “jelas Erin.

Program besar selanjutnya kata Erin, adalah mewujudkan kegiatan ekonomi (usaha) yatim dan mewujudkan #RumahSakitYatim & Dhuafa didukung oleh program wakaf tunai kolektif ditambah bantuan dari berbagai pihak. Selain itu Yayasan juga sedang menjalankan program nyata dalam bidang kesejahteraan sosial seperti orang tua asuh dan beasiswa pendidikan.

Selanjutnya, Ia menjelaskan Program jangka panjang yayasan, yakni mewujudkan Seribu Kampung Harapan Sebagai Implementasi Masyarakat Tang Berbudaya Maju, Sehat, Aman, Dan, Sejahtera BerdasarkanNilai Nilai Ilahiyah.

Kampung Harapan adalah program jangka panjang Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur yang Ril membangun desa. Desa adalah pilar kekuatan Negara yang diwujudkan sebagai program pendampingan, kerja sama antara yayasan dengan Instansi Pemerintah maupun Swasta serta masyarakat setempat dengan mengadakan dan melengkapi infrastruktur pendidikan, ekonomi, social, budaya, kemanusiaan dan keagamaan.

Kampung Harapan menjadi sebuah tempat atau areal terpadu yang terintegrasi dengan berbagai lembaga yang ada didalamnya diantaranya tersedianya lembaga pendidikan, balai kesehatan, gedung pertemuan, sarana ibadah, pertanian terpadu, Asrama Yatim Piatu, dan Fasilitas lain yang mendukung.

“Harapannya semua anak yatim akan terpenuhinya kebutuhan dasar manusia seperti layaknya anak-anak lain yang mempunyai kedua orang tua, yang selalu diperhatikan dan dipenuhinya apa yang dibutuhkan oleh seorang anak. Semoga pada saatnya akan terwujud, Amiin Alhamdulillah, “tutup Erin.

Ketua Umum Yayasan Rahmatan Lil Alamin Jakarta Timur, Erin Hendrian, SH, MM memberikan sambutan dalam peringatan Isra Miraj, Jakarta, Minggu (8/4/2018)

Terkait momen Isra Mi’raj, Erin Hendrian menjelaskan Kewajiban Shalat tidak hanya ditafsirkan sebagai kewajiban yang sifatnya ritual individual semata, tetapi juga sebagai wahana transportasi sosial untuk mencegah kemungkaran.

Menurutnya, Isra Miraj mengalami ( 2 Etape ), yaitu pertama, Etape Horizontal dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Pelalestina, lalu kedua, Etape Vertikal dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha dilangit ketujuh.

Video youtube diĀ Di sini

Program Yayasan Rahmatan Lil Alamin bisa dilihat di websitenya :http://Yrlajt.or.id

Related Posts

About The Author

One Response

  1. Mohamad Sobari
    April 10, 2018

Add Comment