Melawan Hoax, Polda Metro Jaya Perkenalkan PMJNews

Penyebaran Berita bohong atau hoaks sudah sangat memprihatinkan akhir-akhir ini, saking banyaknya kadang kita susah membedakan mana berita palsu mana asli.
jika dibiarkan terus berlangsung,  maka dampaknya akan menimbulkan perpecahan bangsa. Sebut saja misalnya Hoaks Pemukulan aktifis wanita Ratna Sarumpaet, sel tahanan Setyo Novanto,  Gempa susulan Palu dan terakhir kasus penculikan anak yang sedang marak.

Jika diperhatikan, terdapat beberapa motivasi para penyebar hoaks ini seperti untuk kepentingan politik,  ekonomi atau bahkan agama, meski ada juga yang hanya iseng. Untuk melancarkan aksinya mereka memanfaatkan berbagai saluran berbagi informasi antara lain media sosial, media online, forum,  aplikasi layanan pesan gratis dan sebagainya.

Karena itu masyarakat sebagai pengguna media tersebut harus lebih waspada dan pandai memilih dan memilah mana informasi yang layak dikonsumsi mana yang tidak. Ini bukan hanya tugas masyarakat namun juga kewajiban petugas keamanan yakni Kepolisian Republik Indonesia menangkal penyebaran berita palsu tersebut.

Untuk itu,  dalam rangka melawan penyebaran berita hoax khususnya yang ada di wilayah Jakarta,  Polda Metro Jaya meluncurkan portal berita online yang diberi nama PMJNews.com. Media online ini baru saja diluncurkan hari ini,  Kamis 15 November 2018 bertempat di Gedung Promoter Polri Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat dan sudah bisa diunduh di playstore.

Kegiatan peluncuran tersebut,  dihadiri sejumlah pejabat polri dan tamu lainnya antara lain Kapolda Metro Jaya,  bersama Kabid Humas Polda Metro Jaya,  Ketua Dewan Pers, Bapak Yosep Stanley Adi Prasetyo, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Bapak Yuliandre Darwis, Kepala LAN, Kepala Humas Kementerian, Ketua PWI DKI, Humas Bea Cukai dan sejumlah blogger dan wartawan. Selain itu,  hadir juga beberapa perwakilan Polres  dan Polsek di sejumlah wilayah di Jakarta.

Kadiv Humas Polda Metro Jaya,  Kombes Pol. Argo Yuwono dalam sambutannya mengatakan,  hadirnya media PMJNews.com ini untuk menyediakan informasi informasi yang cepat dan terpercaya kepada masyarakat.

Selain itu, media ini kata Argo sebagai Acuan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar bukan berita hoax,  berfungsi  meluruskan berita miring di masyarakat.

Sementara,  Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis mengatakan,  semoga PMJNews.com bisa menjadi rujukan oleh berbagai media online yang sudah ada dalam menyalurkan informasi khususnya berita yang ada di Jajaran Polda Metro ke Masyarakat.

Saat ini,  Kata Yuli,  Indeks kepercayaan Masyarakat kepada institusi Kepolisian mengalami peningkatan signifikan.  Karenanya,  hadirnya PMJNews.com bisa Menjadi vitamin bahkan multivitamin untuk memperkuat lagi citra Polri di Masyarakat.

Sementara itu,  Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Azis dalam sambutannya mengatakan, saat ini berita Hoax telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan telah dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Sementara masyarakat tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi atau berita yang diperolehnya adalah benar sesuai fakta atau berita bohong atau Hoax.

Karena itu,  Polda Metro Jaya melakukan suatu terobosan dalam meluruskan berita Hoax di masyarakat dengan membuat portal berita bernama PMJnews.com.

PMJnews hadir diharapkan menjadi sebagai media rujukan pemberitaan media mainstream lainnya yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat yang langsung didapati dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Kapolda menyatakan siap mendukung segala yang dibutuhkan bagi pengembangan media tersebut.

Acara peluncuran PMJNews.com yang berlangsung meriah ditutup dengan simbolisasi penyerahan  replika logo PMJnews (styrofoam) dari Kabid Humas  ke Kapolda Metro Jaya, dilanjutkan gimmick Kapolda Metro Jaya mengarahkan replika logo PMJnews ke arah LED (langsung diputar Video Thriller, bumper & Testimoni PMJnews) dan terakhir sesi foto bersama.

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. Syaifuddin Sayuti
    November 16, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 26, 2018

Add Comment