Mau Minjam Duit Tapi Nggak Mau Ribet, Klik PDaja.com

Dulu, kalau orang ingin mengajukan pinjaman biasanya larinya ke Bank. Tapi di era digital seperti sekarang ini,  kita tidak harus ke Bank, cukup duduk manis ambil gadget atau laptop,  akses internet,  sudah selesai.  Dulu kalau mau  meminjam di Bank Konvesional ribetnya minta ampun, selain harus ke Bank kita juga  harus memenuhi berbagai persyaratan baik administrasi maupun kelayakan usaha dan jaminan. Bayangkan saja, ketika hendak mengajukan kredit ke Bank, maka terlebih dahulu kita mengambil nomor antrian, mengantri, mengisi form,  menunggu dipanggil dan urusan tetek bengek lainnya. Selesai?  Belum,  nasabah juga harus menunggu disurvey oleh petugas Bank ke rumah atau tempat usaha.  Dulu Saya pernah seperti itu, waktu itu saya lagi membutuhkan dana untuk pengembagan usaha, karena dananya kurang, maka saya pun mengajukan pinjaman ke Bank X. Prosesnya lumayan lama,  Pihak bank biasanya akan meminta  melengkapi kelengkapan administrasi seperti slip gaji kalau karyawan,  rekening koran kalau pengusaha, saya pun harus bolak-balik ke Bank bersangkutan, selain ribet juga buang waktu.

Tapi itu dulu, di era serba digital sekarang ini layanan perbankan mulai membuat terobosan baru dalam bentuk inovasi  layanan berbasis teknologi komunikasi yang disebut financial technology (Teknologi Keuangan). Salah satu Bank yang serius melakukannya adalah  Bank Sahabat Sampoerna.

Bank tersebut baru saja  meluncurkan aplikasi  berbasis website (online) yang diberi nama Pdaja.com. Apa itu Pdaja.com? ini adalah situs (web)  pengajuan kredit one stop service,layanan ini bertujuan mempermudah orang per orang yang hendak mengajukan pinjaman. Peluncurannya sendiri dilakukan pada Hari Jumat 15 November 2018 kemarin di Kawasan Kuningan Jakarta dihadiri beberapa direksi Bank Sahabat Sampoerna antara lain Direktur Funding, SME, FI dan Jaringan Kantor Ong Tek Tjan, Chief of Credit & Collection Irma Savitri dan Legal Credit &Collateral Management Head Sandra Lewerissa serta Ridy Sudarma selaku Corp. Communication & Investor Relation Head.

Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi yang ada di Bank lain kata Irma Savitri adalah keringkasan dan kemudahan serta transparansinya. Setiap orang yang ingin mengajukan kredit secara online dan cepat cukup masuk ke website www. Pdaja.com tanpa harus mengunduh.

Sedangkan Bapak Ong Tek Tjan mengatakan, layana online ini cukup fleksibel sebab pengajuan pinjaman yang disetujui tidak langsung harus diambil semua melainkan bisa dicairkan sesuai kebutuhan, selama pinjaman belum dicairkan, para kreditur tidak akan dibebankan bunga karena berbentuk rekening koran bukan angsuran inilah yang membedakan dengan aplikasi peminjaman online  di Bank lain,

Ia juga mengatakan, ini merupakan solusi yang lebih cepat dan simple. Nasabah tidak harus datang ke Bank untuk mengajukan pinjaman dan mengisi form melainkan para petugas perbankan lah yang akan mendatangi para nasabah setelah mengisi form di website.

Berikut 3 langkah mudah mengajukan pinjaman melalui PDaja.com.

Pertama, ketahui nilai pinjaman yang diterima.  Caranya,  Nasabah atau calon kreditur memilih jenis agunan yang ingin digunakan berupa rumah atau bangunan.  Ada tiga jenis agunan, yakni Rumah,  apartemen dan ruko. Pilih salah satunya.   Setelah nasabah memasukkan data bangunan berupa luas dan lokasi bangunan maka nasabah akan mengetahui berapa jumlah pinjaman dan bunganya.

Berapa paket pinjaman yang akan diperoleh?    Sistem akan menghitung besaran kredit yang bisa diperoleh nasabah lengkap dengan bunga dan jangka waktu angsuran.

Kedua,  isi data diri selengkap mungkin.  Dan ketiga, menunggu konfirmasi petugas yang akan mendatangi dan melakukan survey. Tonton videonya di sini.

dari Kiri ke Kanan, Ibu Sandra Lewerissa, Ibu Irma Savitri dan Bapak Ong Tek Tjan menunjukkan aplikasi Web PDaja.com

Pdaja.com adalah salah satu inovasi Fintec (finance teknologi)  dari  Bank Sahabat Sampoerna (BSS), Bank Swasta Nasional yang konsen dalam pemberian kredit Usaha Kecil  (UMKM).

Bank Sahabat Sampoerna dulu dikenal dengan nama Dipo International Bank yang berdiri sejak tahun 1990. pada Mei 2011 Grup Sampoerna Strategic Perusahaan Investasi Swasta mengakuisisi Bank Dipo dari pemegang saham sebelumnya, yakni PT Pahalamas Sejahtera.

Pada awal 2012, manajemen Bank Sampoerna melakukan perubahan nama dan logo serta memindahkan kantornya ke Gedung Sampoerna Strategic Square yang terletak di Bilangan Sudirman, Jakarta Pusat. Kini Bank Sahabat Sampoerna memiliki lebih dari 20 kantor cabang yang tersebar di Seluruh Indonesia. Bank sahabat Sampoerna berkembang karena konsen terhadap pengembangan UMKM di Indonesia bekerjasama dengan BPR dan Koperasi.

Mengikuti perkembangan zaman yang serba digital seperti saat ini, alasan kenapa Bank Sahabat Sampoerna meluncurkan Aplikasi Website PDaja.com yang simpel dan cepat.

Para Blogger Meliput acara peluncuran PDaja.com, di JSC Hive Cocowork Kuningan Jumat 16/11/2018.

Related Posts

About The Author

2 Comments

  1. Nia tiara
    November 16, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 26, 2018

Add Comment