Daycare Al Hadi Tempat Penitipan Anak Berkonsep Islam di Jakarta Barat

DAYCARE atau Tempat Penitipan Anak (TPA) sudah ada sejak 1840-an di Prancis sebagai konsekuensi logis dari peningkatan jumlah perempuan pekerja pabrik kala itu. Fenomena ini lalu berkembang ke kota-kota industri lainnya di Eropa hingga ke Indonesia.

Sekarang sudah banyak berdiri Daycare  di kota-kota besar di Indonesia termasuk Jakarta,  sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak orangtua yang menitipkan anak balitanya di Daycare karena sibuk dengan rutinitas perkerjaannya sehari-hari.

Anak-anak ini dititip sejak pagi hingga menjelang sore pada hari-hari tertentu sehari,  dua hari bahkan seminggu.  menginap. Seperti yang diselenggarakan oleh Salah satu Daycare yang terletak di Meruya, Jakarta Barat, Daycare Al Hadi.

Hari Kamis 8 November kemarin, saya berkesempatan berkunjung sekaligus berbincang-bincang dengan salah satu foundernya, yaitu Mba’ Anifah Qowiyatun yang akrab dipanggil Mba’ Ani.  Perempuan berjilab lulusan Fakultas Dakwah Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini merupakan seorang aktifis pendidikan anak yang sudah malang melintang di dunia pendidikan anak usia dini sejak 2010. Selain sebagai owner,  Ia juga menjadi pengelola kegiatan Daycare Al Hadi sehari-hari.

Mba’ Ani mengaku terpanggil mendirikan Daycare dengan konsep berbeda setelah mengamati daycare-daycare yang sudah ada. Menurutnya, belum banyak Tempat Penitipan Anak di Jakarta yang berkonsep islami. Daycare yang ada lebih banyak menekankan pada kepentingan bisnis semata sehingga harganya pun terbilang mahal. Berbeda dengan Daycare miliknya selain tempat penitipan juga diisi dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran akhlak islami seperti hormat kepada orangtua, membaca alquran, doa dan sebagainya.

Program dibuat berdasar masukan dari para orangtua misalnya anak-anaknya diminta untuk diajarkan les matematika,  bahasa dan pelajaran lainnya sebagai kegiatan tambahan. Karena itu lah, Daycare Al Hadi bisa dikatakan tampil beda dari Daycare yang sudah ada sebelumnya.

Di Daycare Al Hadi,  bukan hanya sebagai tempat penitipan anak, di sini juga dibuka preschool (PAUD) dan Bimbingan belajar tingkat TK-SD-SMP dengan guru-guru yang profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ada 10 miss (pengasuh) yang bekerja di sini yang siap memberikan pengetahuan dan bimbingan islam.

Mba’ Anifah bersama beberapa anak-anak PAUD usai belajar

Mba’ Ani menjelaskan,  DAYCARE AL Hadi didirikan bukan sekedar bertujuan bisnis semata namun ada tujuan sosial dan dakwah islam bagi generasi.  Itulah sebabnya, Daycare tidak menetapkan harga mahal dalam tarif dalam berbagai program yang ditawarkannya hanya berkisar antara 250 ribu perhari untuk ireguler dan 1 juta hingga 2,5 juta untuk kelompok Reguler.

Fasilitas yang disediakan terdiri dari ruangan ber AC,  tempat luas,  Guru dan pengasuh profesional. Sementara metode yang diajarkan seperti talaqqi (metode guru membaca 10X murid mendengar dan mengulangi),  Kitabah (menulis huruf hijaiyah),  Smart hafidz (menghafal dengan alat bantu).

Alat Smart Hafidz untuk menghafal quran

Daycare Al Hadi memiliki 8 pesan bijak kepada orangtua yakni :

1. Jangan pernah ragu melepas anak untuk sekolah
2. Hilangkan perasaan tidak tega hanya karena anak menunjukkan wajah takut dan memelas
3. Tanamkan dan tunjukkan ketegaran dan kesiapan berpisah sesaat
4. Hindari sikap dan karakter seperti anak mami
5. Jauhkan perasaan bahwa ayah bunda akan mengabaikan atau tidak menghiraukan anak
6. Biarkan anak menjadi mandiri secara sosial
7. Biarkan pihak sekolah menangani apa yang terjadi pada anak selama di sekolah
8. Jalin komunikasi yang baik dengan guru untuk perkembangan anak.

Video Instagram

Related Posts

About The Author

13 Comments

  1. Laily
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 9, 2018
  2. Nia tiara
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 9, 2018
  3. Meilia Wuryantati
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 9, 2018
  4. Anifah
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 10, 2018
  5. Nabbila Agustin
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 10, 2018
  6. Mohamad Sobari
    November 9, 2018
    • hattamksr@gmail.com
      November 10, 2018

Add Comment